DERAPFAKTA.COM | Guna membantu mengsukseskan jalannya Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU ) gencar melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit )untuk memastikan jumlah Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) yang memiliki hak suara dalam pesta demokrasi yang akan di selenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain menyasar daerah terpencil KPU juga melakukan Coklit di seluruh UPT Pemasyarakatan seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Di Rutan Kelas IIB Serang terdata jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) sebanyak 506 jiwa yang masuk dalam daftar calon pemilih di Pemilu 2024 mendatang.

“Data terkini Dari 506 WBP, terdapat 102 Daftar Pemilih Tetap, dan 402 Daftar Pemilih Tetap Baru yang baru saja selesai kami data dan 2 lainnya masuk Daftar Pemilih Khusus dikarenakan belum diketemukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya,” Jelas Kepala Rutan Kelas IIB Serang Prayoga Yulanda saat ditemui di kantornya. Senin (15/01/2024)

Proses perekaman akan terus dilakukan hingga tanggal 1 Februari 2024 mendatang atau dua minggu sebelum Pemilu dimulai. Dengan dilaksanakannya proses perekaman seperti ini diharapkan dapat membantu para WBP dalam menyampaikan hak suara mereka dalam Pemilu dan menghindari adanya DPT ganda maupun penyalahgunaan hak suara.

“Kendala kami di UPT Pemasyarakatan yaitu mencari NIK para WBP untuk dilakukan pencocokan data dan penelitian guna memastikan tempat asal mereka memilih sehingga tidak terjadi pemilih ganda atau penyalahgunaan hak suara,” Ungkap Yoga.

Agar mempermudah pencarian data NIK untuk mengetahui jumlahWBP yang masuk dalam DPT pada Pemilu mendatang. Rutan Kelas IIB Serang menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Kami bekerjasama dengan DIsdukcapil Kab/Kota Serang untuk mencari NIK para WBP melalui pengecekan sidik jari dan biometric. Hari ini ada 23 WBP yang melakukan perekaman dibantu oleh Disdukcapil Kabupaten Serang,” tambahnya.

(HWs)

Facebook Comments