DERAPFAKTA.COM | Ditemukan ada beberapa titik kegiatan dari dinas perumahan permukiman dan pemakaman Kabupaten Tangerang tidak ditemukan papan proyek dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sehingga dengan ditemukan hal tersebut, kuat dugaan SPK belum diterbitkan oleh pihak dinas Perkim, sehingga pihak pelaksana melaksanakan proyek hanya mengacu RAB saja.

Hal tersebut oleh Iqbal selaku sekjen LSM Wadah Aspirasi Rakyat (WAR), dirinya menjelaskan terkait banyaknya proyek tidak dipasangnya papan informasi, “belum dipasangnya papan informasi bisa jadi dugaan kami nilai kontrak nya belum muncul, jadi pihak pelaksana bekerja hanya berbekal RAB semata tanpa adanya SPK yang belum mereka terima, ya sehingga dikerjakan saja meski baru ada RAB, jelasnya pada Senin (4/12/2023).

Dan sesuai kita melakukan kroscek dilapangan ditemukan tersebar di beberapa titik wilayah kegiatan tidak adanya papan proyek yang dipasang oleh pihak pelaksana padahal pekerjaan sudah berjalan 50%, sementara pekerjaan terus berjalan, sehingga menguatkan dugaan pihak dinas Perkim dalam proses disebuah kegiatan dinilai tidak sesuai dengan sistem peraturan yang ada dan mengarah penyimpangan prosedur atau disebut maladministrasi.

Dan semestinya penyerahan SPK dan RAB secara bersamaan kepada pihak pelaksana, namun dugaan fakta tidak seperti itu, dan padahal pokok utama papan informasi dipasang untuk keterbukaan informasi publik, jadi masyarakat juga perlu tau karena uang yang digunakan untuk membangun hasil dari anggaran pajak dari masyarakat, jelas aktivis asal Solear tersebut.

 

Selanjutnya, meski pun ada namun tidak dipasangnya papan proyek, ini bentuk bandelnya pihak pelaksana, dan ini menjadi catatan dari dinas Perkim untuk pihak oknum pemilik CV yang bandel sudah semestinya tidak patut untuk dipakai kembali jasanya sebagai pihak pelaksana.

Sehingga hal tersebut diatas berdampak hasil nilai buruknya dilapangan dimana pihak pelaksana bekerja tidak mengantongi SPK, dan ini sangat rentan dalam pelaksanaan proyek banyak yang hasilnya terkesan asal jadi.

Lantas kemana tupoksi pihak dinas yang menugaskan jajarannya sebagai pengawas, sehingga peran pengawas terkesan tidak berfungsi bahkan bahkan diduga tutup mata atau turut bermain dengan pihak pelaksana.

Sehingga proyek-proyek tersebut banyak menjadi sorotan para aktivis dan pertanyaan oleh masyarakat di setiap wilayah, tutup Iqbal

(Red)

Facebook Comments