TANGERANG | derapfakta.com, Dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan di dunia pendidikan diwilayah Kab.Tangerang, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang menggelar Jambore Sanitasi Sekolah Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari itu diikuti oleh pelajar SMP dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang yang dihelat selama dua hari, Senin-Selasa, 30 – 31 Oktober 2023.

Kegiatan bertajuk “Jadikan Anak Agen Perubahan” ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta kualitas pendidikan, kesehatan, dan lingkungan sekolah.

Asisten Administrasi Umum Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Firzada Mahalli mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan dan mendorong siswa-siswi untuk aktif terlibat dalam upaya perbaikan sanitasi di sekolah mereka.

“Kegiatan ini juga merupakan kesempatan untuk memperkuat kerja sama antara sekolah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam meningkatkan sanitasi sekolah, mari bersatu untuk mencapai tujuan bersama,” ujarnya dalam pembukaan acara di aula Masjid Agung Al Amjad, Tigaraksa, Senin, 30 Oktober 2023.

Sanitasi Sekolah juga berhubungan dengan masalah lingkungan, Pengelolaan limbah dan Ketersediaan air bersih. “Oleh karena itu, mari kita berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif kita terhadap lingkungan,” tuturnya.

Dia berharap siswa-siswi sebagai agen perubahan yang akan membawa perubahan positif dalam sanitasi sekolah dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana mengatakan, kegiatan Jambore Sanitasi ini bisa menciptakan kader-kader Agen Perubahan dikalangan siswa-siswi SMP peduli sanitasi, baik itu di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Kami berharap, siswa-siswi yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan akan punya kepedulian terhadap sanitasi baik di lingkungannya maupun di tempat tinggal mereka atau dimana pun mereka berada sehingga kita bisa menciptakan Indonesia, khususnya Kabupaten Tangerang, menjadi lebih bersih lagi,” tuturnya. (Red)

Facebook Comments