TANGERANG | derapfakta.com, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Perumdam Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) menggelar bakti sosial di Desa Keramat, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Kamis, 19 Oktober 2023.

Sebanyak 15 ribu liter air bersih didistribusikan kepada masyarakat terdampak kekeringan di Kampung Keramat RT 002/022 dan Kampung Keramat Gili RT 002/006, Desa Kramat Kecamatan Pakuhaji.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pakuhaji Muhamad Supriyatna, Kapolsek Pakuhaji AKP I Gusti Moh Sugiarto, Danramil Sepatan Mayor Inf. Jauhari, Kepala Desa Keramat Nuralam, dan Kabid Humas Perumdam TKR Asep Muliawan.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sri Mulyo mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian para jurnalis yang tergabung dalam PWI Kabupaten Tangerang dalam merespon kondisi masyarakat yang terdampak kekeringan. Melalui program PWI Peduli, kata Mulyo, wartawan tidak hanya menjalankan fungsi kerja-kerja jurnalistik, melainkan juga terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan.

“Seperti kita ketahui, saat ini kekeringan sedang melanda berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tangerang dampak dari El Nino, oleh karena kami bersinergi dengan Perumdam Tirta Kerta Raharja turun langsung mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan,” ungkapnya.

Dengan aksi nyata tersebut, lanjut Mulyo, pihaknya juga mengajak berbagai elemen masyarakat lainnya untuk bahu membahu membantu masyarakat yang saat ini mengalami krisis air bersih.

“Tentunya dengan kebersamaan di antara semua elemen masyarakat, beban sauadara-saudara kita yang terdampak kekeringan bisa kita ringankan bersama-sama,” serunya.

Aksi kepedulian PWI dan Perumdam TKR tersebut diapresiasi Camat Pakuhaji Muhamad Supriyatna Dia sangat berterimakasih karena warganya yang sedang mengalami kesulitan air bersih kini mendapatkan bantuan.

“Bantuan ini sangat berarti untuk warga kami. Kami sangat berterimakasih kepada PWI Kabupaten Tangerang serta Perumdam TKR. Ini kolaborasi yang luar biasa,” katanya.

Senada, Kepala Desa Kramat Nuralam berharap, bantuan air bersih terus bisa didistribusikan di wilayahnya, agar masyarakat terdampak kekeringan yang selama ini membeli air bersih, dapat diringankan beban ekonomi keluarganya.

“Saya berharap masyarakat kami yang belum mendapatkan bantuan juga bisa segera dikirim air bersih,” harapnya.

Kepala Bidang Humas Perumdam TKR Asep Muliawan yang mewakili Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengatakan, sejak Juli hingga pertengahan Oktober 2023, pihaknya sudah mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak 4 juta liter lebih di berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang.

“Bantuan tersebut tidak hanya untuk pelanggan kami yang terdampak, tetapi juga untuk masyarakat umum yang membutuhkan air bersih karena terdampak kekeringan,” kata Asep.

Asep menjelaskan, Perumdam TKR juga berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Tangerang dalam penanggulangan bencana kekeringan yang sedang melanda Kabupaten Tangerang.

“Distribusi bantuan air bersih juga dilakukan melalui BPBD Kabupaten Tangerang serta Dinas Perkim, bahkan mitra karib kami lainnya, seperti kepolisian, dan sekarang bersama PWI Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak tiga mobil tangki diterjunkan ke lokasi. Warga pun antusias dan gembira.

“Kami sangat berterimakasih kepada PWI Kabupaten Tangerang dan Perumdam TKR. Pokoknya is the best lah,” kata Ida Dahlia, warga setempat.

(Ryan)

Facebook Comments