Lebak | derapfakta.com, Dalam rangka terus meningkatkan hasil pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Tim Kerja Pembangunan ZI Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung melaksanakan studi tiru ke Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Sabtu (27/11/2021).

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung dan rombongan disambut hangat oleh Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kadek Anton Budiharta beserta jajaran di Ruang Utama Layanan.

Kepala Lapas Kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto beserta jajaran langsung diarahkan ke ruang rapat untuk membuka kegiatan sekaligus berdiskusi tentang Pembangunan ZI di satuan kerja masing-masing.

“Kami berterimakasih kepada jajaran Lapas Kelas III Rangkasbitung yang hadir, semoga acaranya ini dapat menjadi sarana untuk kita bersama dalam bertukar ilmu dan inovasi dalam mewujudkan Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM,”. Ucap Kadek Anton Budiharta, Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang.

Senada juga disampaikan Kalapas kelas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto kunjunganya ke Lapas Pemuda tidak lain adalah terus berupaya meningkatkan pelayanan publik sebagai esensi dari Pembangunan ZI yang dilakukan.

Setelah dibuka diruang rapat, kegiatan berlanjut dengan meninjau layanan dan inovasi Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Lapas Kelas III Rangkasbitung diajak meninjau Posyandu Publik yang menjadi sentra layanan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dalam melayani masyarakat.

Dalam hal ini, beragam layanan dijelaskan Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang mulai dari Pendaftaran Kunjungan Online, Alur Kunjungan, Ruang Yankomas, Pemeriksaan Barang, Bank Jempol, Pendaftaran Kunjungan Tahanan yang bekerjasama dengan Kejaksaan Tangerang dan Aplikasi Sistem Informasi Lapas Pemuda (Silada), Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE).

“kami sangat apresiasi sudah diperkenankan melihat langsung seluruh area kantor, kegiatan pembinaan dan layanan di Lapasda tentu menjadi motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik nantinya di Lapas Rangkasbitung, tadi kami juga berkeliling melihat layanan Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada didalam layanan terpadu, semua layanan ada disitu Kemudian dilanjutkan dengan meninjau Bale Baca, Bale Informasi, Bale Seni, dan Bale Kongkow,” ujar Budi Ruswanto.

Selain itu, Lapas Kelas III Rangkasbitung juga melihat langsung proses belajar mengajar yang ada di Kampus Kehidupan yang terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Theologi, dan Fakultas Ilmu Agama Budha.

Peninjauan berlanjut ke area Kegiatan Kerja, disana Lapas Kelas III Rangkasbitung melihat pembinaan kemandirian yang diberikan kepada warga binaan seperti bordir, melukis, loundry, konveksi, pengelasan dan pertukangan. Kegiatan berakhir di bale kongkow untuk ramah tamah sembari menikmati kopi yang dibuat oleh barista Jape Coffe

(TB.wahyudi)

Facebook Comments