Kab. Tangerang|derapfakta.com-Dengan cara meningkatkan pola hidup para siswa santri dan santriwati di pondok pesantren, dalam hal ini Pemkab Tangerang melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) tengah berupaya membangun Sanitasi (Sanitren) untuk Pondok Pesantren.

Pasalnya, program Sanitren tersebut merupakan program unggulan Pemkab Tangerang yang dapat meningkatkan sanitasi di Pondok-pondok pesantren yang ada di wilayah kepimpinan Bupati A. Zaki Iskandar dan Wakilnya Mad Romli.

Program tersebut tertuang di dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sesuai data dari Kementrian Agama Kabupaten Tangerang. Dan program tersebut akan direalisasikan secara bertahap dilihat sebanyak sepertiga Ponpes memiliki Sanitasi yang sangat memperhatikan.

Perlu diketahui, pada tahun 2021 ini, pihak Pemkab Tangerang melalui Bappeda kembali menargetkan sebanyak 150 Ponpes dengan mekanisme pelaksanan dilakukan swakelola, dan perkiraan pembangunan nya bisa tercapai hingga akhir tahun ini.

Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Erwin Mawandy menjelaskan dalam program ini, Pemkab Tangerang telah menyediakan anggaran Rp.20 Miliar untuk 150 Ponpes, masing masing sebesar Rp.130 jutaan per Sanitren.

“Anggaran yang tersedia untuk pembangunan sanitren ini sebesar 20 miliar, masing masing di alokasikan ke Ponpes senilai 130 juta, dan penyalurannya bekerjasama dengan Kemenag Kabuoaten Tangerang.” ujar Kabid Erwin, Senin (12/4).

Lanjut Erwin, terkait mekanisme dan administrasi dan untuk pelaporan pihak Ponpes masih banyak hambatan, mengingat pihak Ponpes yang belum memahami tata cara pelaksanaan dan tanggung jawab atas program tersebut, sehingga dibutuhkan pendamping intensif pada masing masing Ponpes penerima program Sanitren.

“Program Sanitren saat ini sudah memasuki tahap perencanaan pada penyusunan Juklak dan Juknis pelaksanaan, memverivikasi data, penetapan lokasi dan sasaran penerima, serta pembentukan tim teknis untuk mengelola program.” Ujar Erwin Mawandy.

Sementara ini, pihak Bappeda dalam programnya menggandeng beberapa OPD yaitu Bagian Kesejahtreaan Rakyat (Kesra), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB), serta Ormas GP. Anshor Kab. Tangerang.

(YudiP)

Facebook Comments