Baturaja ¦ derapfakta.com, Penyaluran dan penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai Dana Desa (BST DD) Desa Rantau Panjang Kec. Kedaton peninjauan raya, pada Kamis (28/5/2020).

Adapun jumlah yang menerima BST DD Desa Rantau Panjang sebanyak 54 KK, Untuk BST DD ( Dana Bantuan Sosial Tunai Dana Desa ) tersebut setiap KK akan mendapatkan selama 3 bulan (terhitung mulai bulan April – Mei – Juni), yg mana pada hari ini dibayarkan untuk Bulan April dan Mei, sedangkan untuk penyaluran pada Bulan Juni akan dilaksanakan kembali di Bulan Juni 2020.

Besaran Nominal Bantuan yg diterima per – 1 KK akan mendapat BST DD sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) perbulan.

Pada saat pembagian BST DD, salah satu penerima bantuan tersebut dipersoal, diketahui penerima atas nama Ibu ANA yang notabene seorang Anggota PNS (Guru) yang beralamat (berdomisili) di Wilayah Baturaja, namun tinggal di Desa Rantau Panjang kurang lebih sudah 2 tahun, mengetahui hal tersebut “Jamal selaku Kepala Desa Rantau Panjang menolak atas nama Ibu ANA sebagai Penerima BST DD.

Melihat kades menolak, salah satu Anggota BPD bernama Indra memberikan pendapat (Menjelaskan) kepada Kepala Desa, Indra menerangkan bahwa atas nama Ibu Ana yang termasuk dalam daftar penerima BST DD merupakan hasil dari rapat kesepakatan antara Sekretaris Desa serta beberapa orang perangkat desa dan diikuti Ketua BPD beserta Anggota.

Namun belum selesai Indra menyampaikan hal tersebut, beberapa orang diantaranya Perangkat Desa Langsung mengeroyok memukuli Indra, sontak kejadian tersebut langsung direlai oleh Camat KPR dan Serma EDI Kartoni serta Bhabinkamtibmas Desa Rantau Panjang.

Usai kejadian tersebut, Indra melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Peninjuan pada Saat itu diterima oleh Ps. Kanit IK Aipda Ahrif dan Bhabinkamtibmas Bripka Mawardi meberikan Himbauwan Agar permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaaan namun Indra tetap ingin melaporkan kejadian tersebut kepihak ynag berwajib.

Meski telah terjadi suatu insiden keributan, giat penyaluran BST DD selesai dilaksanakan, kegiatan berlangsung dengan mengikuti Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19, yang mana setiap warga penerima Bantuan diwajibkan memakai masker, cuci tangan & fhisical Distancing (Jaga jarak minimal 1 meter) saat mengambil bantuan.

  1. Dilakukannya Bantuan Sosial Tunai Dana Desa tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemic Virus Corona.
  2. Tetap lakukan monitoring pada saat pelaksanaan penyaluran BLT DD berlangsung agar pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran dan benar2 sampai kepada warga yang terdampak Covid 19.
  3. Saat ini situasi di Desa Rantau Panjang dalam keadaaan Aman dan Kondusif dan permasalahan tersebut sedang ditangani oleh Polsek Peninjauan dalam hal ini Bhabinkamtibmas Desa Rantau Panjaang. (yeyen)
Facebook Comments