Kota Tangerang | derapfakta.com, Puluhan karyawan PT.SAC ( Suma Adikarya Cemerlang) yang terlatak di wilayah kawasan produksi Kelurahan Jatiuwung Kota Tangerang di hampir dua bulan lebih berhentikan kerja tanpa alasan , hal tersebut membuat puluhan karyawan-karyawati melakukan aksi menuntut perusahaan untuk memperhatikan nasib atau memberikan hak mereka yang dirasa sudah mengabdi bekerja sudah hampir 15 Tahun.

Hal yang diungkapkan oleh korban pemecatan sepihak, Sadiah, Fatimah, Siti Maisaroh, kami merasa dizolimi oleh pihak pabrik, bagaimana pun kami pernah berjasa mengabdi untuk produksi, tapi tanpa alasan yang jelas kami dan temen-temen di berhentikan tanpa jasa pesangon, kami tetap akan menuntut hak-hak kami, ucapnya dengan nada memelas, pada Senin (1/7/2019).

Sementara Ida dan Neng Alia selaku koordinator menambahkan, untuk pemberhentian sepihak yang dilakukan oleh PT.SAC kepada kami, tetap kami memiliki hak atas pengabdian kami, dan terkait tuntutan kami pernah melakukan aksi dengan rekan-rekan yang lain banyak yang kena himbas, turut di PHK sepihak juga.

Aksi kami malah tidak di respon oleh pihak pabrik, dan untuk langkah selanjutnya kalau gak ada etika baik dari pihak pabrik kami akan melimpahkan kepenguasa Hukum, ucapnya.

Di lanjutkan, Tim Advocat Law Firm K.D Raja & Partners, Kurais SH, Debora Lumban Raja, S.H., MH dan Yunus SH, ” Kurais SH menyampaikan, benar sekali ke 78 karyawna-karyawati mengadu ke kami terkait pemecatan sepihak yang dilakukan oleh pihak perusahaan PT.SAC, hal ini sangat miris sekali.

Langkah kami akan membela hak-hak mereka melalui proses perselisihan perindustrian mulai dari tingkat Bipartite, Tripartite dan akan melakukan gugatan di pengadilan hubungan industrial pada pengadilan Negeri Serang, dan untuk hak kekurangan upah kami akan mengajukan permohonan penindakan kepada pengawas dinas tenaga kerja Provinsi Banten melalui penyidik PNS.

Debora menambahkan, karyawan sudah memberikan surat kuasa kepada kami, sehingga semua hak-hak karyawan akan kami selesaikan baik dari BPJS ketenaga kerjaan dan paklaringnya akan kita urus sampai selesai sehingga apa yang sudah menjadi ketentuan hak karyawan yang wajib di penuhi di setiap karyawan, apalagi ini karyawan pemberhentian secara sepihak, pungkasnya.

(Akbar)

Facebook Comments