Kalianda – derapfakta.com, Kunjungan Plt.Bupati Lampung Selatan dalam rangka menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan yang diadakan di Lapangan Gajah Nunggal Desa Pematang, Kecamatan Kalianda pada Jum’at 22/02/2019.

Dalam kunjungan kerja Nanang Ermanto Plt. Bupati Lampung Selatan di dampingi Sekretaris Daerah Ir.Fredy SM,MM. Di sambut dengan Tari Sembah, Seni Pencak Silat Helang Bukekhang,dengan kompak dan gagah para pendekar – pendekar Helang Bukekhang menunjukkan atraksinya.

Saifullah selaku pimpinan pencak silat Helang Bukekhang, “Menjelaskan seni bela diri Helang Bukekhang merupakan kesenian tradisional khas lampung yang biasa nya di tampilkan untuk acara menyambut tamu Agung,tamu kehormatan,Raja-raja atau menyambut pengantin juga bisa tapi yang di utamakan adalah tari pedang menurut adat istiadat lampung”Ujarnya.

Lanjut Saifullah arti dari silat “Helang Bekekhang itu sendiri adalah elang berjemur”,tarian silat ini adalah tarian turun-temurun,pengurus besar nya Agus Satria,dan anggota didik tari silat Helang Bukekhang berjumlah 70 anggota untuk anak SD dan Smp dan untuk orang dewasa kurang lebih nya 300 anggota yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa.

Sementara Saifullah berharap masyarakat Pematang bisa lebih mengenal tari silat Helang Bukekhang,juga pemerintah daerah setempat bisa memperhatikan dan menghidupkan kembali kesenian dan Budaya yang ada di kabupaten lampung selatan khusus di Desa Pematang.

Tambahnya “paling tidak pemerintah memberikan perhatian dan menggali lagi potensi seni dan budaya khusus Seni Bela Diri yang ada di Lampung Selatan”papar nya

Laporan: Wiji Lastini/BR

Facebook Comments