Tangetang Kota – derapfakta.com, Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta komitmen Pemerintah dalam upaya mitigasi dampak perubahan iklim sebagai bentuk upaya pengurangan dampak pemanasan global dan konservasi air serta melakukan aksi-aksi lingkungan, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Aksi Penanaman Pohon tingkat Kota Tangerang tahun 2018 yang di selenggarakan Rabu 5 Desember 2018 dan diikuti oleh seluruh komponen masyarakat di Kota Tangerang.

Acara yang mengusung tema “Aksi Nyata, Satu Tujuan Dibawah 20C” sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2018 di Alun-Alun Neglasari, Kelurahan Kedaung Wetan Kecamatan Neglasari. Acara dibuka oleh Walikota Tangerang dan dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Tangerang, sekolah, masyarakat, LSM, Pramuka, industri serta BUMD.

Walikota Tangerang dalam pembukaannya memberikan arahan “Penghijauan dengan menanam pohon harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang, agar tercipta lingkungan yang asri, nyaman, dan bebas dari polusi”. “Untuk mencapai penurunan suhu di bawah 2 derajat Celcius, maka diharapkan pada tahun 2019 yang akan datang dapat ditanam 1 juta pohon di seluruh wilayah Kota Tangerang” ujar Walikota Tangerang.

“Penanaman pohon produktif di setiap rumah warga akan memberikan manfaat lingkungan dan menjaga ketahanan pangan” disampaikan oleh Walikota Tangerang.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Drs. H. Engkos Zarkasyi A., M.Si. menyampaikan bahwa “Pada tahun 2018, Kota Tangerang telah mengadakan 15.600 pohon yang telah ditanam dan didistribusikan kepada masyarakat”.

“Pohon-pohon tersebut berasal dari APBD Kota Tangerang, APBN, dan bantuan dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap penghijauan kota” ujar Engkos Zarkasyi. Pada acara ini turut disampaikan penghargaan kepada PT. PLN (Persero) Unit Banten dan PT. Gajah Tungga Tbk. yang memberikan kontribusi sumbangan pohon kepada Kota Tangerang.

Sementara itu, keterangan tambahan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kota Tangerang, M. Dadang Basuki, ST, M.Si mengatakan “Peran perusahaan-perusahaan swasta akan terus dimaksimalkan sebagai bagian kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, karena perusahaan bagian dari Kota Tangerang”. “Diharapkan para pimpinan perusahaan dapat mewajibkan kepada setiap karyawannya untuk menanam pohon dan merawatnya di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerjanya. Kewajiban ini akan menjadi bagian dari komitmen yang tercantum dalam Dokumen Lingkungan serta Izin Lingkungan”.

Menanam Satu Pohon menyelamatkan 2 nyawa Manusia, Kami sangat Mendukung Kegiatan yang di Lakukana oleh Pemerintah Kota Tangerang dalam melaksanakan Aksi Nyata Menanam Pohon di Kota Tangerang, Semoga Kegiatan ini Tetap di Laksanakan setiap Tahun Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Kota Tangerang, Hal ini Pemerintah Bersama Masyarakat Menunjukan Rasa Kepedulian Terhadap Kenyamanan Kelangsungan Hidup Masyarakat Kota Tangerang Umumnya Provinsi Banten. Ungkap Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Rakyat Anti korupsi (DPP GERAK INDONESIA ) Muchamad Isran, SE.(Arief)

Facebook Comments