Derap fakta – Cilegon, Diduga karena kurang menjaga kebersihan didapur masak salah satu rumah makan inisial SG di wilayah cilegon konsumen temukan makanan dari daging ayam yang terjangkit telur lalat.

Kejadian ini berawal saat para kuli tinta diundang buka puasa bersama oleh Kapolres Cilegon dirumah makan SG pada hari rabu (13/6).

“Herman salah satu jurnalis memperingatkan agar jangan memakan menu ayam kecap yang disajikn karena terlihat adanya telur lalat. Namun sebagian besar sajian ayam tersebut telah terlanjur dimakan oleh yang lain,

Melihat hal tersebut salah satu rekan pewarta menyampaikan kepada pengelola rumah makan tentang masalah tersebut.

Hendro  pengelola rumah makan menyatakan permohonan maaf atas ketidak nyamanan tersebut. “kami mohin maaf atas kejadian ini, ini diluar kendali kami karena kami sungguh tidak mengetahuinya” kata Hendro, Rabu (13/6).

Dari hasil penelusuran ternyata hampir seluruh menu ayam yang sama bahkan dimeja yang lain sama terkontaminasi telur lalat, namun tidak ada tindakan pencegahan yang dilakukan oleh pihak pengelola rumah makan. Kondisi rumah makan saat itu sangat padat pengunjung.

Hal ini membuat kecewa rekan jurnalis dan saat berupaya meminta konfirmasi kepada pihak managemen tidak diberi akses oleh Hendro.

Dikutip dari layanan e-konsultasi Klik Dokter, dikatakan oleh dr.  Alvin Nursalim Jika telur lalat termakan maka seseorang dapat mengalami Miasis, yaitu adanya Larva lalat di dalam tubuh manusia, yang untuk sementara waktu akan memakan jaringan hidup atau mati pada tubuh manusia atau makanan yang masuk ke saluran pencernaan manusia. Walaupun tubuh manusia memiliki mekanisme pertahanan terhadap telur lalat, seperti dengan adanya asam lambung, namun tidak menjamin telur lalat ini akan mati.

 “Miasis saluran pencernaan terjadi ketika telur lalat atau larva lalat pada makanan termakan dan berhasil hidup di dalam saluran pencernaan. Beberapa orang yang mengalami penyakit ini tidak mengalami gejala, namun beberapa lainnya mengalami nyeri perut, muntah, dan diare.Jika Anda mengalami gejala tersbeut, kami menyarankan Anda berkunjung ke dokter terdekat.” Jawab dr. Alvin.

Selanjutnya disarankan Dr. Alvin agar kebersihan makanan sangat dijaga untuk menjaga integritas sebagai penjual makanan dan kebersihan makanan yang dijual.

Rumah makan SG merupakan salah satu tempat favorit kuliner di kota cilegon, sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi resmi dari pihak managemen karena tertutup akses oleh penanggung jawab operasional rumah makan saudara Hendro.(Df)

Facebook Comments