Tangerang | derapfakta.com, Kab. Tangerang|derapfakta.com-Sudah Berbulan bulan lamanya unit mobil pengangkut sampah milik pemerintah kecamatan solear tidak melakukan aktifitas pengangkutan dikarenakan mengalami kerusakan patah chasis atau tidak layak operasional. Saat ini terparkir di halaman belakang kantor Kecamatan Solear, Jumat (26/03/2021).

Tidak beroperasional unit mobil pengangkut sampah tersebut menjadi kendala yang cukup berarti karena biasanya selalu melintas sepanjang jalan raya solear hingga masuk ke desa desa untuk mengangkut sampah dari Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPST) sampai akhirnya di hantarkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin

Menjawab hal tersebut Camat Solear, H Karsan, ketika ditemui mengatakan “Unit mobil pengangkut sampah tersebut sudah beberapa bulan tidak beroperasional karena mengalami kerusakan, bukan tidak berusaha di perbaiki tapi ya begitu, di perbaiki rusak kembali, kami akui unit tersebut kurang perawatan sebelum saya menjadi camat solear, maklum saja unit tersebut sudah ada di kecamatan solear sejak tahun 2013.”ujarnya Jumat. (26/03/21)

Lanjutnya, “Saya perkirakan untuk perbaikan kurang lebih membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 20 juta, mau anggaran darimana sementara untuk anggaran yang kami terima saja sudah terkena Rasionalisasi di masa Pandemi Covid-19 ini, untuk memperbaikinya saya menyerah, daripada di perbaiki bagusnya diganti yang baru, kami sudah Koordinasi dengan pihak DLHK dan Insya Alloh akan diusahakan di tahun 2022 nanti,”paparnya.

Masih kata H Karsan lebih lanjut mengatakan kalaupun unit tersebut diperbaiki dengan anggaran yang ada dan setelah diperbaiki dalam waktu 3 atau 4 bulan akan rusak kembali, saya rasa malah buang buang anggaran, kami sudah mengajukan kepada DLHK dan mengeluhkan kondisi unit mobil pengangkut sampah tersebut.

“Untuk sementara waktu dalam hal pengangkutan sampah kami koordinasikan dengan para kepala desa, mengantisipasi agar tidak ada sampah yang menumpuk dilingkungan desa masing masing dan kami juga selalu berkoordinasi dengan DLHK,”jelasnya.

Sampai berita ini diturunnkan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan belum dimintai keterangan terkait pengadaan unit atau peremajaan yang dimohon pihak Kecamatan Solear.

(YudiP)

Facebook Comments