Tangerang | derapfakta.com, Kurang lebih 40 balita dan Bumi (Ibu Hamil) dari wilayah 2 Rt 09 dan 05 kendatangi Pos Pelayanan Terpadu Candrawasih Kp. Ancol Ds Cikareo, Guna melakukan pemeriksaan kesehatan, pada Selasa (5/1/2021).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Bidan Lina selaku bidan Desa Cikareo serta dibantu dengan para kader Posyandu Cendrawasih melakukan pemeriksaan anak bayi, Balita dan ibu hamil, Bidan Lina yang bertugas di Puskesmas Cikuya menyampaikan, selama satu bulan terakhir hasil dari pemeriksaan anak bayi, Balita dan ibu hamil pada jadwal Posyandu bulan ini terpantau alhamdulillah sehat semua, terangnya.

Untuk balita kami lakukan penyuntikan DPT (Difteri Pertusis dan Tetanus) tahap 1, Imunisasi DPT 1 adalah salah satu vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita guna mencegah dampak penyakit yang terjadi, karena anak balita ini rentan sakit, cacar, panas tinggi dan demam, hal ini kami lakukan untuk menjaga kesehatan balita dan batita kita lakukan penyuntikan DPT imunisasi.

Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Ketiga penyakit ini adalah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan.

Pemberian Imunisasi DPT
Imunisasi DPT pada anak-anak diberikan sebanyak lima kali, sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18 bulan, dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster Tdap (imunisasi ulang Tetanus Difteri dan Pertusis) tiap 10 tahun, terangnya.

Semantara itu Maria Ulfa selaku ibu Kades Cikareo yang kebetulan juga hadir dan turut memeriksa kandunganya yang ke 3 bulan memaparkan, Alhamdulillah warga yang ibu hamil balita maupun anak bayi pada sehat, dan ini menjadi suatu program kerja kita diseluruh Posyandu yang di Ds. Cikareo guna memberikan pelayanan kesehatan, karena kita terus mengutamakan untuk kesehatan warga dan anak-anak serta bayi, selain kita selalu mendampingi disetiap jadwal Posyandu sekalian saya juga periksa kehamilan, ungkapnya.

Selain itu dengan memberikan jaminan kesehatan dan makan tambahan kita berharap seluruh warga sehat anak sehat, karena masih pandemi ya, kita anjuran bagi warga yang memeriksa kesehatan bergilir dan tetap mematuhi protokol kesehatan, juga kita selalu menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, Jadi mohon doanya juga biar sehat semuanya, terangnya.

>Ryan

Facebook Comments