Cilegon | derapfakta.com, Puluhan wartawan mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW) dan Uji Kompetisi Wartawan (UKW) yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten, angkatan ke XVI yang digelar Aula Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon. Sabtu, (06/11/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Pengurus PWI Banten, serta Ketua PWI Kabupaten/Kota se-Banten.

Kegiatan tersebut digelar selama 2 hari Sabtu-minggu 06-07 November 2020 dan tetap menerapkan protokol kesehatan, diikuti oleh 32 wartawan KLW dan 30 wartawan UKW mulai jenjang muda, madya dan utama. Mereka berasal dari wartawan berbagai media massa pers, online, elektronik dan cetak.

Dalam sambutannya Ketua Pelaksana Kegiatan KLW dan UKW Angkatan XVI PWI Banten, Adi Adam mengatakan, bahwa Peserta KLW dan UKW diwajibkan untuk wartawan yang ingin menjadi anggota PWI. Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan materi tentang kode etik jurnalistik maupun materi pendukung lain yang terkait dengan pers.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, meski kegiatan tersebut sempat tertunda dan berpindah tempat, diharapkan seluruh rangkaian dapat berjalan dengan baik,” ujar Adi Adam yang juga merupakan Ketua PWI Cilegon.

“Kami berharap kegiatan dapat berjalan dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkot Cilegon sehingga kegiatan dapat dilaksanakan di Aula Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon ini,” ucap Adi Adam

Sementara itu, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya wartawan ikut dalam organisasi profesi yang tentunya telah menjadi konstituen Dewan Pers.

Dimana diketahui selain PWI, ada organisasi profesi wartawan lainnya yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

“Kami tidak memaksa setiap wartawan untuk masuk ke PWI, tapi saya menyarankan setiap wartawan wajib memilih salah satu organisasi profesi,” kata Rian Nopandra.

Lanjut Rian Nopandra menjelaskan, untuk menjadi Anggota PWI sendiri wartawan harus mengikuti KLW sebagai salah satu persyaratan, dimana terdapat dua jenjang yakni KLW Dasar dan KLW Lanjutan.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan pentingnya wartawan mengikuti UKW sebagai syarat kompetensi bagi seorang wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalisnya.

“UKW ini sangat penting untuk wartawan agar dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis dapat lebih kompeten,” ujar Rian Nopandra pria yang akrab disapa Opan

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi (PIK) Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik (Diskominfo) Cilegon, Atikoh mengatakan pentingnya independensi seorang wartawan dalam memberikan informasi kepada publik.

Atikoh juga mengapresiasi langkah PWI dalam membina anggotanya melalui kegiatan KLW dan UKW dengan berbagai jenjang.

“Semoga silaturahmi ini bisa terus berjalan dengan baik antara kami pemerintah dengan wartawan,” pungkasnya.

Salah satu peserta KLW dan UKW angkatan XVI dari media derapfakta.com / Derap Tv A.Sayuti mengatakan kegiatan yang dilaksanakan PWI Banten sangat baik guna menguji dan mengasah kemampuan para pencari informasi dengan tetap mengacu Kode Etik Jurnalistik (KEJ) ,

“Kegiatan KLW dan UKW yang dilaksanakan PWI Banten sangat baik guna menguji dan mengasah kemampuan wartawan saat bertugas dengan tetap mengacu KEJ, berharap PWI melindungi wartawannya mengingat akhir akhirnya ini masih ada saja rekan sesama profesi diperlakukan tidak baik oleh oknum yang tidak mengerti tugas jurnalis, terakhir kejadian pembacokan wartawan online di Catang, semoga APH dapat memproses dan menangkap pelaku karena korban sudah membuat laporan ” ucap A.Sayuti.

(Red)

Facebook Comments