Lampung-Selatan|derapfakta.com, Program Serasi(Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) Gapokyan Mekar Mukti Desa Mekar Mulya Kecamatan Palas Lampung Selatan saat ini sedang dilaksanakan pembangunannya seperti: pembuatan Forder atau saluran Gendong 235 Ha ,gorong-gorong 35 unit ,pintu air sebanyak 6 titik, pompa air 9 unit serta ditambah saluran tersier sepanjang 1,5 Km.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Gapoktan Hi.Darto saat awak media mengunjungi kediamannya ,Senin(3/08/2020) sekira pukul 11,30 WIB.

Ketika dikomfirmasi, kenapa mau menerima frogram Serasi?
“dalam Gapoktan Mekar Mukti terdapat 20 anggota Kelompok Tani yang tersebar dibeberapa Dusun ,dimana kebanyakan petaninya menanam padi yang notabene daerah rawa,bila mana saat musim penghujan sering kebanjiran dan bila musim kemarau mengalami kekeringan”,jawabnya.

Lanjut Hi.Darto ,”melalui program Serasi ini, kami yang tergabung dalam Gapoktan secara swakelola terlibat langsung dalam pengerjaan fisiknya ,seperti pada pembuatan gorong- gorong,pintu air sehingga bisa menciptakan lapangan kerja dan hasil pembangunan fisiknya nanti akan digunakan oleh petani”,katanya.

Luasan lahan petani sawah yang tergabung dalam gapoktan Mekar Mukti kurang lebih 560-700 ha,bila tidak dikelola dengan infra struktur yang baik tentunya tidak akan mencapai produktivitas maksimal.

Sebelum ada program Serasi ,dulu Gapoktan Mekar Multi sewa alat sendiri secara swakelola,tetapi setelah ada program ini, kami sangat bersyukur dan berterimakasih dapat dibantu Pemerintah ,kata Darto sembari menjelaskan pekerjaan kepada awak media saat terjun langsung dilapangan.

Kepala UPTD pertanian Kecamatan Palas Agus Santoso saat dikonfirmasi via WhatsApp Pukul 19 .00.WIB (03/08/2020) mengatakan ,”Sangat berterima kasih kepada Pemerintah /Kementan yang telah membantu normalisasi saluran /Forder di desa Mekar Mulya .Sebab,akan berdampak mengurangi banjir dan Petani bisa menanam padi setahun bisa dua kali .Tentunya dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan Petani yang berujung pada kesejahteraan keluarganya ,”katanya.(Nur Ismail)

Facebook Comments