Cikande | derapfakta.com, Ratusan buruh dari kawasan industri buditexindo jawilan dan kawasan industri modern melakukan aksi unjuk rasa menolak RUU Omnibuslaw, titik kumpul para buruh ada di kawasan industri modern cikande untuk selanjutnya menuju KP3B serang, Selasa (21/07/20).

Para buruh mengajak buruh lainnya untuk demonstrasi menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang, sebelum menuju KP3B masa berorasi terlebih dahulu di depan pintu masuk kawasan Industri Modern Cikande.

Pantauan awak media derapfakta.com, ratusan ribu massa buruh ini tampak memenuhi area depan kawasan industri modern dan dijadwalkan akan menuju Kantor DPRD Provinsi Banten yang berada di KP3B.

Ratusan Personil Kepolisian dari polres serang di turunkan untuk mengaman aksi unjuk rasa tersebut, tampak Kapolres serang turun langsung dalam pengamanan aksi unjuk rasa, yang sebelumnya sudah dilakukan aksi buruh ini di depan gedung DPR senayan Jakarta terkait pemolakan omnibuslaw.

Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariyono, saat ditemui disela sela tugasnya mengatur arus lalulintas mengatakan bahwa massa aksi dihimbau untuk tidak menutup arus lalulintas, akses jalan tol dan mengganggu ketertiban umum selama berdemonstrasi, ” kami menghimbau kepada buruh saat aksi untuk tetap menjaga ketertiban dan tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan apalagi menutup aksss tol” ujar kapolres.

Kapolres serang menghimbau juga kepada anggotanya untuk tidak menggunakan senjata api dalam menjaga demonstrasi ratusan buruh di Banten.

“Tidak ada anggota Polri yang membawa senjata api. Provos sudah saya suruh cek, anggota tim khusus dari Brimob menyesuaikan, tapi (penggunaan senjata api) semua atas perintah dari saya sebagai penanggung jawab,” ujarnya kembali.

Dalam aksi unras ini tampak pengaturan lalulintas di intensifkan agar tidak mengalami kemacetan yang cukup parah, dalam kesempatan itu kasatlantas Polres Serang AKP Winoto turut ikut serta dalam pengaturan lalin saat aksi demo.berlangsung, dan menjelaskan personilnya ikut turun dalam pengaturan lalulintas,

“Sebanyak 60 personil di turunkan untuk mengatur arus lalulintas di kawasan Jawilan, Kopo, Cikande Asem, Interchange dan Ciruas , dan tetap menghimbau para pengunjuk rasa untuk tertib berlalulintas serta tidak menggangu pengguna jalan ” ujar kasatlantas Akp Winoto.

Pada Aksi para Buruh turut hadir Kabagops Polres Serang Kompol Feby Harianto, SH. SIK., M.I.K. Kapolsek Jawilan AKP Dedi Mirza, Kapolsek Kopo AKP Indik Rusmono SIK.MH, Kapolsek Cikande Kompol Rizky salatun, Kapolsek Pamarayan AKP Asroji.dan terlihat Pula dari unsur TNI-Danramil Cikande Kapten Inf Sudarsono.

aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh berlangsung aman dan tertib.

(Jurnalis : A.sayuti)

Facebook Comments