Jakarta | derapfakta.com, Sejumlah aliansi buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh bersama Rakyat (Gebrak) Beserta Mahasiswa gelar aksi protes di depan DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (16/07/20).

Para buruh dan Mahasiswa menuntut agar DPR menghentikan pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja (Ciptaker) yang dinilai cacat prosedur dan bermasalah dalam substansi.

Juru Bicara aksi Gebrak saat ditemui sejumlah awak media Ilhamsyah mengklaim ada belasan ribu orang akan mengepung Gedung DPR RI. Aksi kali ini, kata dia, akan bertepatan dengan sidang Paripurna DPR.

“Aksi damai ini merupakan peringatan bagi pemerintah dan wakil rakyat agar mendengar dan melihat penderitaan rakyat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan jadi korban pembiaran perampasan tanah di mana-mana. Kami ingin pemerintah fokus atasi Covid-19 dan memastikan perlindungan kesejahteraan, menegakkan keadilan, serta menghormati demokrasi,” kata Ilham kepada wartawan.

Menurutnya Massa akan berdatangan pagi pukul 10.00 WIB Kemudian dilanjutkan longmarch ke depan DPR, “Kita akan mulai berkumpul mulai jam 10.00 WIB di Taman Ria Senayan, dan jam 11.00 WIB akan longmarch ke depan pintu gerbang DPR,” ucap Ilham

Massa cukup banyak karena pada aksi tersebut beberapa mahasiswa, buruh dan juga alumni 212 ikut bergabung.

Pantauan awak media derapfakta.com dalam aksi tersebut disayangkan karena protokol kesehatan tidak diterapkan, jumlah massa dalam aksi begitu banyak hingga sampai berdesakan, tampak mahasiswa dan buruh dan juga dari alumni 212 memadati jalan depan gedung DPR RI Senayan.

Menjelang sore situasi tampak memanas dimana massa yang bukan dari kelompok mahasiswa sempat ricuh dengan melempar batu ke petugas kepolisian, namun mahasiswa dalam satu komandonya tidak terprovokasi dengan ulah massa yang tiba tiba datang dari arah berlawanan , namun situasi akhirnya dapat dikendalikan petugas.

Tampak seluruh jajaran kepolisan polda metro jaya di terjunkan untuk menghalau massa yang sempat bentrok.

Sampai berita ini dilansir mahasiswa dan buruh masih bertahan di depan gedung DPR RI sambil menunggu rekan rekannya yang masih didalam gedung DPR untuk berdialog dengan wakil rakyat ini.

(Jurnalis : A.Sayuti)

Facebook Comments