KOTA TANGERANG | derapfakta.com, Banyaknya para pengunjung yang berdatangan diwaktu pagi dan sore hari dari kalangan masyarakat sekitar untuk melihat keindahannya Kampung Tematik Konsumsi (Kondusif Sumber Inspirasi) Hijau dan higenis kini menjadi ajang tempat dimana masyarakat berkunjung untuk berkreasi.

Selain terdapat lukisan mural yang indah terpampang disetiap dinding rumah warga, Kampung Tematik tersebut pun banyak sekali jenis pohon buah dan sayur yang dapat dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat sekitar, tepatnya di Jl. Gang Masjid Al-Falah Rw06, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. Minggu (26/1) Sore.

Kampung Tematik merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Tangerang untuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar utamanya pada peningkatan kualitas lingkungan rumah tinggal warga miskin dan prasarana dasar permukiman.

Kampung Tematik merupakan titik sasaran dari sebagian wilayah Kelurahan yang dilakukan perbaikan dengan memperhatikan beberapa hal salah satunya mengubah lokasi kumuh menjadi tidak kumuh, peningkatan, perbaikan kondisi lingkungan.
peningkatan penghijauan wilayah yang intensif.

Pelibatan partisipasi masyarakat secara aktif mengangkat potensi sosial dan ekonomi masyarakat setempat untuk melakukan pemberdayaan, Pelibatan partisipasi masyarakat beserta lembaga – lembaga yang ada bertujuan untuk membangun trademark, karakteristik lingkungan melalui peningkatan, pengembangan potensi – potensi lokal yang dimiliki di wilayah tersebut.

Usaha masyarakat yang dominan dan menjadi mata pencaharian pokok sebagian besar warga di wilayah tersebut
karakter masyarakat yang mendidik budaya, tradisi, kearifan lokal masyarakat dan lingkungan yang sehat Home industri ramah lingkungan, Kerajinan masyarakat setempat yang lebih kuat atau tidak dimiliki kampung lain dan bisa menjadi ikon wilayah.

Warga Rw06 Kelurahan Babakan Nuri’ah Karim mengungkapkan, “Tadinya kebun sangat sekali tidak ada tanaman apapun dan alhamdulillah saat ini kebun ini sudah menjadi berbentuk Kampung Tematik Konsumsi yang dimana terdapat banyak pohon-pohon buah dan sayur yang nantinya diharapkan bisa bermanfaat untuk dapat dikonsumsi secara langsung bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Tayangan Visual DERAP Tv

Adapun pohon buah dan sayur yang saat ini terdapat diKampung Konsumsi adalah pohon buah jeruk, buah tin, buah anggur, sayur bayam merah, pohon kacang dan pohon matahari.

Namun tetapi amat disayangkan masih ada kekurangan fasilitas untuk masyarakatnya, salah satunya seperti taman bermain anak, perpustakaan, posyandu dan lain-lainnya.

“Saya berharap semoga Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dapat meninjau langsung Kampung Tematik Konsumsi yang berada diwilayah Rw06 Kelurahan Babakan,” tambahnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Tangerang H. Rosadi menyampaikan, “Alhamdulillah pendampingan LPM Kelurahan Babakan dalam mendampingi Kampung Tematik Konsumsi yang berada diwilayah Rw06 Kelurahan Babakan saat ini telah berjalan dengan baik. Meskipun masih ada kekurangan sarana dan prasarana yang memang harus ditingkatkan lagi. Namun tetapi sudah bisa memberikan suatu hasil yang nyata,” ucapnya.

Banyaknya masyarakat sekitar yang datang untuk berkunjung untuk melihat keindahan Kampung Tematik Konsumsi diwaktu pagi dan sore hari membuat sarana edukasi pembelajaran masyarakat dalam berekreasi keluarga.

“Saya sebagai Ketua LPM Kecamatan Tangerang yang dibawahnya terdapat delapan LPM Kelurahan, dimana disetiap Kelurahan tersebut pun mempunyai masing-masing Kampung Tematik yang didampingi oleh LPM Kelurahan,”

Kami sangat mengharapkan kepada pemerintah ditahun 2020 ini agar bisa lebih ditingkatkan lagi dalam memberikan bantuan serta penyuluhan – penyuluhan guna untuk mempercepatnya Kampung – Kampung Tematik yang berada diwilayah Kota Tangerang, karena manfaatnya pun memang banyak sekali dirasakan oleh masyarakat luas, tambahnya.

(Dedi)

Facebook Comments