Loading...

Serang | derapfakata.com, Dalam menginjak usia IKMAL Ikatan Keluarga Mahasiswa Lampun di Banten yang ke 7, dalam acara tersebut yang diselenggarakan di Yayasan Mazro Atul Ulum Kp.Tegal Ds.Cikoneng Kec.Anyer Kab.Serang -Banten pada Sabtu (7/12/2019).

Dalam acara pembukaan tersebut dimana IKMAL yang notabene mahasiswa dari ranah Lampung mengawali acara dengan mempersembahkan tarian khas Lampung “Tari Sigeh Panguton” yang di tarikan diantaranya 5 personil dari mahasiswi Universitas UIN dan Untirta Kota Serang.

Kelima personil tersebut diantaranya, Yola (UIN), Putri (UIN), Avifah (Untirta), Dea (UIN), Ratna (UIN).

Saat di konfirmasi awak media derapfakta.com, mewakili dari rekan-rekanya “Yola dari siswi UIN menyampaikan, Dimana tarian tersebut kami tampilkan di acara Milad ke 7 IKMAL Banten, dan dimana acara Milad ke 7 ini kami memilih untuk diselenggarakan di wilayah Cikoneng Anyer, karena diketahui masyarakat Cikoneng eksistensinya adalah berasal dari Lampung yang keberadaannya sejak tahun 1589, maka dari itu kami menampil tarian tersebut untuk lebih dalam lagi guna memperkenalkan tari khas Lampung di Banten.

Sedikit mengulas, tari Sigeh Panguton sebagai bentuk tarian adat dalam mengisahkan tarian penyambut para bangsawan dari jaman kerajaan Lampung terdahulu, terangnya.

“Kami berharap semoga seni badaya Lampung bisa lebih di kenal lagi di kalangan masyarakat di Nusantara yang kita cintai ini, tutup nya.

(Sayuti)

Facebook Comments
Loading...