Jawilan | derapfakta.com-  Sekolah sebagai agen pelaksana proses pendidikan harus memiliki budaya ramah dalam menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan pendidikan.

SMAN 1 Jawilan (SMANJA -Red) mengadakan  Sosialisasi Sekolah Berkarakter Ramah Anak Berbasis kewirausahaan, yang berlangsung di halaman Sekolah SMKN 1 Jawilan Jln Perum Taman Sejahtera Desa Jawilan Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang Banten, (Kamis 28/11/19).

Dalam acara tersebut turut dihadiri Kadis Pendidikan yang di wakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan, beberapa perwakilan  kepala sekolah SMA Negeri yang ada wilayah serang timur, Kapolsek Jawilan,  Camat Jawilan  diwakili Sekmat Jawilan, Danramil Jawilan Kopo yang diwakili babinsa , perwakilan dari perusahaan serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah ( Drs Bustomi Efendy, MM) mengatakan ” Berangkat dari berbagai permasalahan kekerasan dan konflik yang diterima peserta didik di sekolah, maka perlu dikembangkan program sekolah ramah anak. Program ini bertujuan memberikan perlindungan pada diri peserta didik sebagai anak di sekolah dengan mengutamakan hak-hak anak yang meliputi hak hidup, hak tumbuh berkembang,hak perlindungan, dan hak mendapat pendidikan. Peserta didik sebagai anak harus terlindungi menjadi manusia yang membutuhkan pendidikan secara manusiawi, Boleh marah tapi jangan marah-marah, boleh benci tapi jangan membenci” ungkap Bustomi.

Sekolah ramah anak menjadi penting mengingat dalam sehari delapan jam anak berada  di sekolah. Keprihatinan orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah karena kondisi anak-anak di sekolah yang  rawan kekerasan, lingkungan yang tidak sehat.

Dengan adanya program dari kementerian/lembaga yang saat ini sudah berbasis sekolah dan menunjang terhadap kondisi yang diinginkan dalam sekolah ramah anak. Sekolah ramah anak juga merupakan salah satu indikator penting dalam Kabupaten layak anak.

Sekolah ramah anak adalah satuan pendidikan formal, nonformal, dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan.

Tampak disela acara beberapa siswa siswi SMA Negeri 1 Jawilan menunjukan kreatifitasnya dengan menampilkan berbagai tari tarian kebudayaan dan juga rampak bedug, usai acara para tamu undangan yang hadir dipersilahkan melihat stand stand tenda yang berada di depan halaman sekolah , terdiri aneka makanan kreasi siswa dan juga sponsor.

Usai melihat stand makanan para tamu undangan di lanjutkan makan siang bersama, dan acara tersebut berlangsung dengan lancar.

(Say)

Facebook Comments