7,4 Skala Richter Gempa Mengguncang Banten, Berpotensi Tsunami

DERAPFAKTA.COM | Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) memberikan peringatan dini tsunami untuk wilayah: Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

Peringatan dini ini diberikan InaTEWS, menyusul gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) pada Jumat (2/8) pukul 19:03:21 WIB, yang mengguncang wilayah Sumur, Banten.

Pusat gempa yang berlokasi di koordinat 7.54 LS, 104.58 BT itu berjarak 147 km arah Barat Daya Sumur, dan berkedalaman 10 km.

Dalam situs resminya, www.inatews.bmkg.go.id, InaTEWS menyebutkan daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan adalah sebagai berikut:

Status Siaga: PANDEGLANG BAGIAN SELATAN (BANTEN), PANDEGLANG PULAU PANAITAN (BANTEN), LAMPUNG-BARAT PESISIR-SELATAN (LAMPUNG)

Status Waspada • PANDEGLANG BAGIAN UTARA (BANTEN), LEBAK (BANTEN), TANGGAMUS PULAU TABUAN (LAMPUNG), SUKABUMI UJUNG-GENTENG (JABAR), TANGGAMUS BAGIAN TIMUR (LAMPUNG), LAMPUNG-SELATAN KEP. KRAKATAU (LAMPUNG), LAMPUNG-SELATAN KEP. LEGUNDI (LAMPUNG), LAMPUNG-BARAT PESISIR-TENGAH (LAMPUNG), LAMPUNG-BARAT PESISIR-UTARA (LAMPUNG), BENGKULU-UTARA PULAU ENGGANO (BENGKULU), KAUR (BENGKULU), LAMPUNG-SELATAN KEP. SEBUKU (LAMPUNG), BENGKULU-SELATAN (BENGKULU), SERANG BAGIAN BARAT (BANTEN), SELUMA (BENGKULU).

Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status “Siaga” diminta untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Sedangkan Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Waspada”, diimbau untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat, untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

(Red)

Facebook Comments