Camat Jawilan Hadiri Pemilihan BPD Desa Junti

Serang | derapfakta.com, Panitia Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari RW 02 Desa Junti kecamatan Jawilan, kabupaten Serang untuk Periode 2019 – 2024 dilaksanakan pada (21/04/2019) yang bertempat di halaman kantor pemasaran griya Junti Asri.

Acara tersebut turut di hadiri Camat Jawilan , Sekmat Jawilan, Babinsa Jawilan serta Kepala Desa Junti.

Sebagai penyelengara Pemerintahan Desa dan Pengambil Keputusan, Anggota BPD adalah wakil dari Penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara Musyawarah dan Mufakat seperti yang dilaksanakan ini.
Tentang mekanisme pemilihan BPD tertera dalam peraturan Menteri dalam negeri Republik Indonesia nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

Sesuai apa yang diatur dengan undang-undang nomer 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksana undang -undang nomer 6 tahun 2014 tentang desa serta surat sekretaris daerah nomor 149/2216/437,80 /2018 tentang badan permusyawaratan desa.

karena badan permusyawaratan desa adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan demokrasi atau musyawarah.

Maka sesuai dengan peraturan yang baru harus ada 1 (satu) orang wakil perempuan yang harus jadi anggota badan permusyawaratan desa maka diadakan pemilihan anggota badan permusyawaratan desa wakil perempuan secara mufakat.

Sebagai pembelajaran demokrasi maka pada tanggal 21-04-2019 dilaksanakan pemilihan anggota badan permusyawaratan di Rw 02 desa Junti, proses pemilihan berjalan lancar dengan 4 (empat) Calon yang bertarung yaitu : Suhendra no urut 1 (satu), Jery kurniawan no urut 2 ( Dua), Rigwan S.Pd no urut 3 (Tiga), dan Haris zikrie audhie no urut 4 (empat).


Dari hasil pemilihan suara tersebut yang di tutup pukul 13.00 wib adalah sebagai berikut:
Rigwan S.Pd meraih 111 suara,
No 1 Hendrawan mendapatkan 86 suara, no urut 2 Jery kurniawan mendapatkan 66 suara, no urut 3 Rigwan S.Pd mendapatkan 111 suara, dan
no urut 4 HAris zikrie audhie mendapatkan 20 suara.

Warga antusias menyaksikan pemilihan anggota BPD di desa Junti ini, terlebih di hadiri oleh Camat Jawilan H Agus Saepudin SE, M.SI, beserta Sekmat Jawilan, Babinsa Kopka Usup dan para tokoh masyarakat serta para pemuda.

(Say)

Facebook Comments