Tangerang Dengan SAHABAT, Hadir Membawa Indonesia Tanpa STIGMA

SAHABAT ( Satu Hati Banten ) hadir di wilayah Kabupaten Tangerang guna pengembangan jaringan dalam satu harapan Indonesia Tanpa STIGMA

Tangerang – derapfakta.com, Yayasan SAHABAT (Satu Hati Banten ) hadir dengan mengadakan ajang pertemuan dibarengi edokasi sosial tentang dunia kesehatan, Yayasan SAHABAT diketahui sudah berkiprah diwilayah Serang Banten, kini hadir memperluas jaringan ke wilayah Kabupaten Tangerang.

Dalam ajang pertemuan edukasi sosial ini secara langsung di selenggarakan di Cafe Quen dibilangan Citra Raya Cikupa Kab.Tangerang pada Rabu (20/2/2019), dengan dihadiri dari rekan-rekan undangan SAHABAT Tangerang.

Kegiatan tersebut secara langsung penobatan ketua SAHABAT Kab.Tangerang, di tunjuk salah satu tokoh terpilih dari kalangan artis yang sudah tidak asing lagi namanya “Genta KDI.

Seperti yang di sebut “Momo Asmara mengungkapkan, dengan pengembangan SAHABAT di Kabupaten Tangerang sendiri untuk memperluas dalam mengedukasikan betapa pentingnya hidup sehat, jadi tema yang SAHABAT bawa, “Indonesia Tanpa STIGMA.

Apa itu Stigma, masyarakat harus tau apa itu STIGMA, jadi STIGMA adalah Noda cacat atau cap buruk yang diberikan kepada seseorang dimata orang lain.

Dan jenis-jenisnya :

  • Self Stigma atau percelved stigma : Stigma yang terjadi ketika menyalahkan dan mengisolasikan diri mereka sendiri
  • Stigma by association : Stigma yang terjadi ketika seluruh keluarga mendapatkan Stigma karena salah satu anggota keluarga.
  • Feit Stigma atau Real Stigma : Stigma yang terjadi karena persepsi atau perasaan yang nyata terhadap seseorang dan bukan berasal dari tersebut.

Penyebab terjadinya Stigma, Kekurangan pengetahuan, kesalahpahaman dan ketakutan sehingga penilaian moral tentang orang lain terkait dengan nilai norma yang berlaku, seperti ketakutan akan kematian, kurangnya pengenalan/pemahaman tentang Stigma, ucap Momo.

Dan bentuk perlakuan Stigma sendiri, Menjauhi, cuek, mengejek, tidak peduli dan antipati. Dan mengapa orang sekitar bisa sperti itu karena akibat salah satunya orang terebut terkena dampak HIV  penyakit penyebab dari Virus AIDS.

Jus Geboy selaku bendahara SAHABAT menambahkan, Maka dari itu kami dari Yayasan SAHABAT ( Satu Hati Banten ) memiliki program cara mencegah penularan HIV, dengan mengedukasikan serta penyuluhan tentang HIV dan AIDS, jadi program kami sendiri dilakukan di Sekolahan, tempat dimana yang memang perlu kami sosialisakan terkait pencegahan dan penangan HIV penyebab virus AIDS, paparnya.

Kembali lagi dengan Indonesia Tanpa STIGMA, “Orang terkena HIV dan ADIS (ODHA) tidak ada bedanya dengan kita, mereka juga mempunyai hak, keuntungan dan kesempatan yang sama dengan orang yang menderita penyakit lainya, tutupnya.

Lain hal dengan Genta KDI yang kini telah ketua cabang Yayasan SAHABAT di wilayah Kab.Tangerang, saya berharap semoga dengan apa yang akan kami edukasikan serta penyuluhan kesehatan khususnya tentang HIV dan AIDS, SAHABAT di Kab.Tangerang untuk masyarakat akan lebih memahami dan terhindar dari HIV  yang disebabkan virus AIDS dan tanpa STIGMA.

Hal terpenting dari diri kita sendiri, dengan tidak melakukan Seks bebas, bersikap saling setia pada pasangan, bisa dicegah memakai kondom, hindari pemakaian jarum suntik dan semoga dengan cara hal tersebut kita bisa terhindar dari yang namanya HIV dan AIDS, supaya hidup kita sehat, ucap Genta.

[AR]

Facebook Comments