Hasil Karya Daur Ulang Sampah, Kodim 0602/Serang Berhasil Menjuarai Ajang Kreatifitas se Provinsi Banten

Serang – derapfakta.com, Kodim 0602/Serang berhasil menyabet juara 1 Kreatifitas se Provinsi Banten, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis 21 Februari 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung T.W.A., S.T., M.Tr (Han) bersama Ketua Persit KCK Cab XXXIV Kodim 0602/Serang Ny. Indri Erwin Agung, turut menghadiri kegiatan Lomba Kreatifitas Kelola Sampah.

Beberapa hasil dari pengolahan sampah yang didaur ulang oleh ibu-ibu Persit dan Personil Kodim 0602/Serang, berupa barang cindera mata,  seperti tas, tikar, vas bunga yang dibuat dari bungkus bekas kopi sashet, kursi dan meja yang dibuat dari ban bekas, serta kompos dari sampah organik yang sudah didaur ulang.

“Memang bukan pekerjaan yang mudah dalam mengelola sampah,  apalagi kita lihat di sekitar kita banyak sekali sampah yang berserakan,” ujar Dandim. 

“Namun, jika kita mau belajar, bagaimana cara mengolah sampah hingga menghasilkan produk yang mempunyai nilai komersil, tentunya itu akan sangat mengurangi tumpukan sampah yang ada selama ini,” lanjutnya. 

Masih menurut Dandim, sudah seyogyanya seluruh lapisan masyarakat bekerja sama untuk menanggulangi timbunan sampah yang semakin hari semakin meninggi. 

“Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi timbunan sampah, caranya ialah, mengurangi penggunaan plastik kresek saat berbelanja, kita bisa menggunakan tas atau keranjang yang dapat dipakai ber kali-kali,” imbuhnya. 

“Mari bersama sama kita jaga lingkungan kita dari timbunan sampah yang dapat mengakibatkan banyak mudharat, sebab jika bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita sendiri,” tegas Dandim mengakhiri keterangan.

[HW]

Facebook Comments