Warga Kampung Ciwiru Kecamatan Bandung Kabupaten Serang, di Serang Limbah Beracun

Limbah B3 Di Pemukiman Warga
Limbah B3 Di Pemukiman Warga

Serang – derapfakta.com, Salah satu pabrik industri yang ada di kawasan Modern Industri Cikande Serang yang bekerjasama dengan oknum menumpuk limbah Fly Ash yang masuk kategori limbah B3 ( Bahan Bahaya dan Beracun ) yang di tampung ditengah-tengah pemukiman warga Kp. Ciwiru Rt/Rw.008/03 Ds.Babakan Kc.Bandung Kabupaten Serang.

Sehingga akibat dari tumpukan limbah Ply Ash tersebut berdampak buruk diwarga sekitar, salah satunya “Muslim, yang rumahnya nyarih diurug tumpukan limbah yang menggunung disamping rumahnya.

Muslim memaparkan, semnjak adanya limbah tersebut yang di uruk di samping rumahnya persis, kami sekluarga sering batuk-batuk dan mengeluarkan darah, selain itu saat kendaraan membongkar limbah Ply Ash debunya sampai masuk kedalam rumah, kami sekeluarga juga mengalami gatal-gatal, dari muka hingga paha.

Saat turun hujan sekitar rumah saya banjir karena dampak salurannya air terhalang oleh tumpukan limbah, ucap Muslim warga yang sehari-harinya bekerja sebagai penjual jasa service Jok keliling tersebut.

Muslim menambahkan, saya pernah adukan perihal tersebut ke pihak RT, karena dari pihak yang membongkar limbah tidak pernah berkoordinasi dengan saya, namun sampai saat ini pak RT belum ada tindakan terkait rumahnya yang nyaris diurug limbah beracun tersebut.

Saya berharap kepada pihak terkait agar bisa memperhatikan nasip keluarga kami, karena dengan adanya limbah tersebut berdampak buruk untuk kesenjangan hidup kami, ucapnya.

Warga Yang Tercakit Penyakit Kulit Diduga Akibat Dampak Limbah B3

Di lain tempat, “Boni selaku pemerhati yang tinggal tidak jauh dariwilayah tersebut mengatakan, saya sangat prihatin yang dialami salah satu wargadi Kp.Ciwiru, karena menurut pemahaman saya limbah B3 dari sisa pembakaranbatubara “Fly Ash adalah salah satu limbah yang terkenal dihasilkandari pembakaran batubara yakni fly Ash (abu terbang).

Fly ash merupakan limbah padat berbentuk partikel halus yang dihasilkan dari pembakaran batubara , Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3), Fly ash dikategorikan sebagai limbah B3. Bahan Berbahaya dan Beracun adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.

Jadi adanya tumpukan limbah berbahaya dalam fly Ash ersebut di pemukiman warga sangat berdampak buruk, dan pihak pabrik dan oknum yang menampung limbah tersebut harus bertanggung jawab, pungkasnya. (Team)

Facebook Comments