Diduga Sertifikat Kios PIR Disalah Gunakan Oleh Pengelola Pasar

Kondisi Pasar Induk Rau Kota Serang
Kondisi Pasar Induk Rau Kota Serang

SERANG KOTAderapfakta.com, Pedagang Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang mempertanyakan keberedaan sertipikat toko atau kios yang hingga saat ini belum bisa diserahkan oleh pihak pengelola pasar, diduga sertipikat para pedagang tersebut di jadikan jaminan kepada pihak lain oleh PT. PBP.

Dikatakan oleh salah satu pedagang yang berlokasi di Blok B lantai dasar yang enggan disebutkan namanya yang ingin melunasi kiosnya namun karena sertipikat kioasnya tidak bisa di perlihatkan oleh pihak pengelola.

“saya pernah ajukan ingin membayar lunas kios saya namun tudak jadi karena pengelola tidak bisa menerbitkan sertipikatnya, karena saat itu saya ingin agunkan sertipikat kios saya ke bank, sampai saat ini tidak ada penjelasan dari pengelola.” ucapnya. 01/08/18.

Senada dengan yang disampaikan oleh pedangang pemilik kios dikatakan pula oleh pengurus paguyuban pedagang PIR Abdul Azis mengiyakan bahwa banyak pedagang yang sudah lunas atau yang ingin melunasi terkendala dengan penerbitan sertifikat.

“Memang ada masalah itu, peberbitan sertipikat oleh pengelola menjadi kendala bagi pemilik kios tapi tidak semua, namun memang ada sebagian yang tidak mendapatkan sertipikat .” kata Azis.

Keadaan inipun telah lama terjadi hingga pernah ada pengaduan pedagang kepada anggota DPRD Kota Serang, salah satu Anggota dewan Ali Souro ketua komisi II yang berhasil ditemui meyampaikan bahwa benar ada pengaduan itu dan pernah ditegur pihak pengelolanya.

“Saya sendiri pernah dapat aduan langsung dari pedagang tentang semberawutnya pengurusan sertipikat yang menjadi hak pedagang pemilik kios, saya tegaskan agar pengelola segera berikan hak pedagang, jangan kewajiban pedagang saja yang dirongrong, jika belum juga terselesaikan akan jadi pertanyaan besar dari saya, ada apa dengan sertipikat kios-kios di PIR,” saut ali saat disambangi dikantornya 01/08/18.

Ali Seuro merasa prihatin dengan belum selesainya permasalahan sertipikat di PIR yang sudah lama terjadi dan merugikan pedagang.

“saya prihatin, sertipakat itu penting bagi pedagang karena bisa jadi agunan untuk penambahan modal jika tidak ada berarti kios yang ditempati pedagang itu statusnya tidak jelas dong, ini akan jadi pwrtanyaan oleh saya kepada pengelola, saya berterima kasih atas informasinya, nanti akan kami tindak lanjuti.” pungkas ali.

Selain permasalahan sertipikat terlihat jelas pula tidak adanya perawatan terhadap bangunan PIR hingga terkesan dibiarkan membusuk. Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak pengelola walau sudah ada upaya konfirmasi namun manager pengelola tidak ada ditempat.(Habib)

Facebook Comments