SERANGderapfakta.com, Bupati Serang “Ratu Tatu Chasanah menekankan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Kabupaten Serang  melakukan inovasi dalam menjalankan programnya. Hal itu, dilakukannya sebagai upaya agar Pemkab Serang meningkatkan prestasi melalui program yang sedang dilakukan oleh masing-masing OPD. Hal tersebut dikatakannya saat penandatanganan komitmen pelaksanaan inovasi di Kabupaten Seran di Aula Tb Suandi, Rabu (01/08/2018).
Tatu menjelaskan, OPD memiliki komitmen yang kuat saat melakukan inovasi agar strategi yang  ditempuh bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing Daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarkat. Karena, inovasi yang didapatkan bisa mempermudah kinerja pelayanan kepada masyarakat. “Setiap persoalan pasti ada inovasi terbaru untuk dilakukan oleh pegawai seperti pelayanan yang panjang dan sulit bisa dipermudah dengan inovasi,” ungkapnya.
Ia menambahkan, Pemkab serang melaksanakan laboratorium inovasi bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia merupakan bentuk kerjasama dalam  meningkatkan semangat berinovasi agar hasilnya dapat terlihat dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Serang. “LAN sudah  mendampingi Pemkab Serang  untuk kegiatan laboratorium inovasi tahap drump up, diagnose dan design. Pada saat ini, masuk ditahap ke 4 (delivery) yang telah dilaunching dan melahirkan  inovasi dari masing-masing OPD,” katanya.
Dia berharap, OPD berani melakukan terobosan dan  memunculkan inovasi baru agar Kabupaten Serang menjadi daerah inovatif serta mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. ” Saya mengapresiasi OPD yang sudah melakukan inovasi dan aksi inovasi OPD bisa menjadi kunci utama membuka terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik Deputi Bidang Inova Adiministrasi, Sutardi mengatakan, progress saat ini dalam tahap launching dan berikutnya dalam tahap monitoring hingga display. “Setelah inovasi yang telah diciptakan oleh inovator di seluruh OPD menjadi manfaat di seluruh stakeholder,” ujarnya
Ia juga meyakini, langkah membangun kapasitas inovasi di Kabupaten Serang sebagai upaya merespon tuntutan perubahan dan dinamika yang terus berjalan. “kita harus merubah diri untuk berinovasi karena berinovasi disektor publik akan merubah pola pikir kita semakin berkembang dan maju,” tuturnya.(Habib)
Facebook Comments